Modifikasi Piston Untuk Motor 130cc - Bagian II

kepala piston desain piston

Meyiapkan Alat

Menyiapkan alat pengukuran yaitu verniercliper, biuret, cam degree wheel, dan dial indicator. Untuk proses permesinan penulis menyerahkan ke bengkel bubut “ Jogja Metalindo” yang beralamat di jalan kaliurang km 8.5.

Menyiapkan Bahan

Menggunakan bahan piston dengan bentuk kepalanya masih mentah dengan ukuran diameter 55,25 mm produksi Daytona.

Mengukur Volume Silinder

Sesuai regulasi untuk motor balap drag 130 cc, maksimal ukuran volume silinder yaitu 129.99 cc . Dengan piston Daytona yang mempunyai diameter 55.25 mm, maka volume silinder menjadi 129,398 cc dari ukuran standarnya 101.78 cc. Dengan ukuran volume silinder yang telah berubah tersebut, maka kapasitas volume silinder engine motor Crypton masih dalam regulasi balap.


Menghitung Perbandingan Kompresi

Perbandingan Kompresi yang digunakan dalam modifikasi bentuk kepala piston yaitu 12.03 :1. Nilai perbandingan kompresi tersebut diperoleh dari perhitungan volume ruang bakar dengan pendekatan efisiensi volumetris 90 %*). Nilai volume ruang bakar dengan pendekatan efisiensi volumetric 90 % yaitu 11.73 cc.

Mengukur Lift Overlap Maksimal

Dengan memasang cam degree wheel disamping magnet pada as kruk dan memasang dial indicator pada ujung katup ex dan katup in kemudian memposisikan cam shaft pada titik mati atas.


Untuk mendapatkan nilai lift overlap maksimal pada katup in sebagai yaitu dengan memutar cam degree wheel berlawanan arah jarum jam sampai menunjukkan 00 TMA dan menghitung berapa kali jarum dial berputar dari angka nol.


Dan untuk mendapatkan nilai lift overlap maksimal pada katup ex yaitu dengan memutar cam degree wheel searah jarum jam sampai menunjukkan 00 TMA dan menghitung berapa kali jarum dial berputar dari angka nol.



Menentukan Ukuran Coakan Katup Pada Kepala Piston

Dengan overlap pada katup in dan katup ex nilainya 2 mm maka ukuran kedalaman untuk coakan katup in adalah 3 mm dan untuk katup ex adalah 3.5 mm. Dengan diameter katup in berukuran 27 mm dan katup ex berukuran 23 mm maka ukuran diameter coakan untuk katup in yaitu 28 mm dan untuk katup ex 24.5 mm. Sudut katup in berukuran 28.50 dan sudut katup ex berukuran 32.50 .

Menentukan Ukuran Piston Dome

Penulis menentukan tinggi dome dari piston yaitu 2 mm. Kemudian untuk ukuran diameter dome piston yaitu 40.2 mm, nilai tersebut mempertimbangkan ukuran ruang bakar yang mempunyai diameter 41.5 mm. Dan jarak dari titik pusat piston pin ke kepala piston tetap sama dengan standarnya yaitu 20 mm.



Melakukan Proses Machining

Setelah menentukan ukuran kedalaman coakan, jarak aman tepi kanan kiri piston, dan tinggi dome langkah selanjutnya menyerahkan data (table 4.1.) untuk proses pengerjaannya ke bengkel bubut piston “Jogja Metalindo” yang beralamat di jalan kaliurang kilometer 8,5. Jogja Metalindo merupakan tukang bubut spesial untuk masalah proses machining dalam membangun engine motor balap dan biasa menangani tim-tim balap ternama yang ada di Yogyakarta maupun luar Yogyakarta.


Written By

Amateur Full-Stack Developers and Full-Stack UI Designer • Powered by love and coffee • Portofolio on dribbble.com/sanengineer