Convert atau Merubah File Jpeg atau PNG ke WEBP Ngaruh Ke Loading Website Gak?

logo png - logo webp

Sebelum ke topik inti kita bahas dulu apa itu png dan webp. Portable Network Graphics (PNG) adalah format file grafik-raster yang mendukung kompresi data tanpa kehilangan data. PNG dikembangkan sebagai pengganti yang ditingkatkan, yang tidak dipatenkan untuk Graphics Interchange Format (GIF).


PNG mendukung gambar berbasis palet (dengan palet RGB 24-bit atau warna RGBA 32-bit), gambar skala abu-abu (dengan atau tanpa saluran alfa untuk transparansi), dan gambar RGB atau RGBA berbasis non-palet penuh warna. Kelompok kerja PNG merancang format untuk mentransfer gambar di Internet, bukan untuk grafis cetak berkualitas profesional, dan karenanya tidak mendukung ruang warna non-RGB seperti CMYK. 


File PNG berisi gambar tunggal dalam struktur "chunks" yang dapat diperluas, mengode piksel dasar dan informasi lain seperti komentar tekstual dan pemeriksaan integritas yang didokumentasikan dalam RFC 2083.


File PNG menggunakan ekstensi file PNG atau png dan ditugaskan jenis gambar media MIME / png. PNG diterbitkan sebagai RFC 2083 informasi pada bulan Maret 1997 dan sebagai standar ISO / IEC pada tahun 2004.


Webp?? WebP adalah format gambar yang menggunakan kompresi lossy dan lossless. Saat ini dikembangkan oleh Google, berdasarkan teknologi yang diperoleh dengan pembelian On2 Technologies.


Sebagai turunan dari format video VP8, ini adalah proyek sejenis dengan format wadah multimedia WebM. Perangkat lunak terkait WebP dirilis di bawah lisensi BSD.


Format ini pertama kali diumumkan pada 30 September 2010 sebagai standar terbuka baru untuk grafis true-color lossy yang terkompresi, menghasilkan file yang lebih kecil dengan kualitas gambar yang sebanding dengan skema JPEG yang lebih lama. 


Pada 3 Oktober 2011, Google menambahkan "Extended File Format" ke format, memungkinkan dukungan WebP untuk animasi, profil ICC, metadata XMP, dan ubin (menyusun gambar yang sangat besar dari maksimum 16384 × 16384 ubin).


Pada 18 November 2011, Google mulai bereksperimen dengan kompresi lossless dan dukungan untuk transparansi (saluran alpha) dalam mode lossless dan lossy; dukungan telah diaktifkan secara default di libwebp 0.2.0 (16 Agustus 2012). 


Menurut pengukuran Google, konversi dari PNG ke WebP menghasilkan pengurangan 45% dalam ukuran file ketika memulai dengan PNG yang ditemukan di web, dan pengurangan 28% dibandingkan dengan PNG yang dikompresi ulang dengan pngcrush dan PNGOUT.


Dalam perbandingan yang dibuat antara GIF, APNG dan WebP, ditunjukkan bahwa APNG mempertahankan ukuran file yang lebih rendah dengan tetap menjaga kualitas setidaknya sama. 



webp vs png vs jpeg - logo lighthouse page audit

Written By

Amateur Full-Stack Developers and Full-Stack UI Designer • Powered by love and coffee • Portofolio on dribbble.com/sanengineer

0 Comments

Posting Komentar

please commenting not spamming