Seberapa Penting Sih Punya Website Sendiri Untuk Suatu Usaha Atau Bisnis??


Ketika punya usaha dalam bentuk produk ataupun jasa? kenapa situs Web sangat dibutuhkan?Situs Web dalam bahasa inggris biasa di sebut website merupakan suatu halaman yang memiliki alamat (domain). Domain tersebut diakses menggunakan penjelajah web (web browser) melalui koneksi internet dengan komputer, laptop, atau gawai.

Contoh situs web yang digunakan sebuah brand company ada www.instagram.com, www.facebook.com, www.twitter.com, www.youtube.com, www.monochroomlab.com dan masih banyak lagi. Lalu pertanyaan yang terbesit disini adalah, kenapa brand company tersebut membutuhkan dan membuat situs web? Bill gates mengatakan bahwa jika bisnis tidak ada di internet, maka perusahaan atau bisnis tersebut akan gulung tikar.

Jawaban kenapa situs web sangat dibutuhkan karena produk atau jasa bisa dikenal oleh seluruh dunia. Siapapun bisa tau bisnis ada dimana pun dan kapanpun hanyak dengan ‘klik‘. Dan sangat disayangkan belakangan ini suatu brand lebih dulu membuat akun media sosial dari pada sebuah situs web. Sangat disayangkan jika menggantungkan brand company di atas brand company lain.



Lebih baik merdeka dan berdiri sendiri, bukan?

Suatu usaha dalam bentuk produk atau jasa membutuhkan website supaya setiap orang tahu dimanapun mereka berada. Untuk membangun website anda membutuhkan web developer, kalo kita tidak memahami dunia koding. Selain itu anda membutuhkan alamat situs web atau yang biasa disebut domain.

Meskipun media sosial saat ini punya analitik tersendiri tetap saja website personal lebih menjanjikan. Bayangkan saja ketika platform media sosial gulung tikar, bisnis atau usaha yang dimiliki mau kemana? pindah ke media sosial lain? jelas menyita banyak waktu.

Mungkin kita tahu bahwa beberapa aplikasi media sosial berlogo P yang berfisolofi private sosial media telah mengalami gulung tikar. Kita tidak tahu sampai kapan instagram, facebook, youtube, dan sosial media lainnya yang sedang hype bisa bertahan.


Langkah Tepat Ketika Usaha Mempunyai Website


Misalkan usaha atau bisnis kita memililki situs web (website), kita bisa berdiri sendiri sampai kapanpun kita mau. Ya, pastinya kita tetap membutuhkan media sosial untuk menggaet audience dan mengarahkan mereka ke website kita.

Sebelum kita memunyai website perihal apa yang perlu kita persiapkan:

Yang pertama, tentunya nama domain anda terlebih dahulu. Nama domain ini bebas, sesuai selera anda sendiri. Nama domain bisa memakai akhiran .com, .net, .us, .info, .biz, .xyz, .id, .co , .org sesuaikan jenis produk atau platform bisnis anda.

Sebisa mungkin jika platform anda suatu organisasi lebih baiknya tidak memakai akhiran .com . Akhiran .com biasanya digunakan untuk suatu platform bisnis komersil. Lalu pertanyaanya dimana kita bisa membeli domain atau mendaftarkan nama untuk brand company kita?

Ada banyak penyedia layanan untuk membeli domain seperti google domain, godaddy, namecheap, niagahoster, rumahweb, dewaweb, domainesia, dan yg lainnya. Domain untuk .com . net, .info, .us, .biz, .id, .co, .org biasanya harganya kurang dari 200 ribu rupiah.

Yang kedua, tipe website yg ingin kita buat. Jenis website ada banyak, contohnya website online shop, blog, company profile atau curiculum vitae (CV). Platform website online shop ada shopify, woocommere, prestashop, dan yang lainnya.

Platform blog yg biasa di kenal dengan CMS (Content Management System) ada wordpress, blogspot, drupal, joomla, ghost, dan masih banyak lagi platform yg lain. Jika kita ingin membuat website untuk company profile atau cv, sebenarnya kita bisa menggunakan platform CMS.

Saat ini sudah banyak framework untuk membangun website dengan basic HTML, CSS, dan Javascript. Salah satu framework CSS yang populer contohnya adalah bootstrap. Jadi kita tidak perlu pusing pusing lagi mengenai CSS, kita bisa memanfaatkan framework Bootstrap untuk membangun website sederhana seperti company profil atau CV.

Yang ketiga, sesuaikan dengan budget anda. Banyak sekali penyedia jasa pembuatan website profesional yang menyediakan jasa sesuai dengan budget anda.


Apa Yang Kita Lakukan Setelah Kita Memiliki Sebuah Situs Web?

Saat website yang kita punya sudah go online, yang pertama kali kita lakukan yaitu memasang analytic untuk website. Kita bisa memakai Google Analytic, Adobe Analityc, Angelfish Actual Metrics, AT Internet: Web Analytic, AWStats, BBClone, Chartbeat, Clicky, Coremetric, Crazzy Egg, Etrackker, dan masih banyak lagi. Sesuaikan analytic yang terbaik menurut masing masing dari kita.

Yang kedua, setelah pemasangan analytic sudah siap, saatnnya kita membuat akun sosial media yang populer saat ini seperti instagram, facebook page, twitter atau youtube. Kalau brand company kita bergerak di bidang online shop kita bisa membuat platform di marketplace yang ada di indonesia (jika sasaran kita pasar indonesia) seperti tokopedia.com, bukalapak.com, belanja.com, shopee.com, atau jd.id

Kemudian isikan alamat website kita saat kita melakukan pengisian form pendaftaran ketika membuat akun sosial media atau akun marketplace. Alamat website yang kita isikan tersebut berguna untuk mengarahkan pengunjung ke website kita dari platform social media atau marketplace.

Kemudian yang ketiga, melakukan promosi atau mengiklan kan alamat website kita melalui platfrom iklan seperti facebook ads, instagram ads atau google ads atau twiter ads. Dengan kita mengiklan alamat website kita, maka brand company kita akan lebih cepat ditemukan oleh pasar.

Sangat menguntungkan jika suatu bisnis memiliki website, kita bisa melihat lalu lintas pengunjung di website (web analytic) kita lebih detail. Lalu bagaimana cara melihat lalu lintas pengunjung ? banyak platform platform yang tersedia seperti : Google Analytics, Adobe Analityc, Angelfish Actual Metrics, AWStats, Chartbeat, Clicky dan masih banyak lagi.

Jadi, intinya kita jika kita punya usaha atau bisnis berupa produk atau jasa brand kita harus go online di website dan domain kita sendiri. Seperti yang di jelaskan diatas, kita akan mempunyai traffic sendiri dan kita bisa menganalisa apa kemauan dari pengunjung website kita.

Written By

Amateur Full-Stack Developers and Full-Stack UI Designer • Powered by love and coffee • Portofolio on dribbble.com/sanengineer

0 Comments

Posting Komentar

please commenting not spamming